17 Maret 2019

Cara Verval NISN Lulusan SD, SMP, SMA, SMK

DAFTAR ISI [Tampil]
Verval NISN siswa lulusan SD, SMP, SMA, SMK mempermudah memeriksa kebenaran data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) siswa lulusan.

gurudikdasmen.comNISN atau kode yang terdiri dari sejumlah 10 angka unik dan menjadi identitas siswa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya. NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud yang tujuannya adalah untuk mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah di Indonesia.

Cara Verval NISN Lulusan SD, SMP, SMA, SMK

Untuk melakukan Verval NISN bagi siswa lulusan SD, SMP, SMA, SMK dapat mengikuti panduannya dibawah ini:
  1. Kunjungi https://pd.data.kemdikbud.go.id/
  2. Isikan secara lengkap Formulir Identitas lulusan pada kolom yang telah disediakan seperti NISN (Tuliskan jika memiliki NISN)
  3. Masukan NIK, Nama, Email, Tempat lahir, Tanggal lahir, Jenis kelamin dan Nama Ibu Kandung dengan Lengkap. (wajib diisi
    Verval NISN siswa lulusan SD, SMP, SMA, SMK mempermudah memeriksa kebenaran data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) siswa lulusan.
  4. Setelah Formulir Identitas telah terisi seluruhnya, langkah berikutnya lengkapi juga formulir Profil Lulusan dengan cara memilih Tahun Ajaran Lulus, Kemudian isikan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) atau Nama Sekolah pada kolom Sekolah Lulusan dan unggah file Ijazah SMA/SMK/MA yang sudah disimpan sebelumnya di komputer dengan format PDF, JPG, JPEG, PNG dengan maksimal ukuran file 2 MB
  5. Setelah seluruh formulir isian telah selesai diisi dengan lengkap, langkah terakhir klik tombol Ajukan yang berada di bawah.

Verval NISN siswa lulusan SD, SMP, SMA, SMK mempermudah memeriksa kebenaran data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) siswa lulusan.

Jika sudah melengkapi seluruh isian pada kolom formulir dan mengajukan kelengkapan data tersebut, maka anda akan diarahkan pada halaman status pengajuan yang seperti terlihat pada gambar diatas. Jika pengajuan berhasil maka akan ditandai dengan keterangan "BERHASIL" dan mengenai informasi pengajuan tersebut akan dikirim melalui alamat email yang sudah dimasukan pada saat pengisian identitas.

Verval NISN siswa lulusan SD, SMP, SMA, SMK mempermudah memeriksa kebenaran data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) siswa lulusan.

Langkah berikutnya yaitu untuk melihat Status Pengajuan apakah sudah disetujui atau belum atau masih dalam peninjauan, anda dapat mengisikan alamat email pada kolom Status Pengajuan kemudian klik Status maka anda akan melihat informasi yang menjelaskan bahwa Pengajuan Verval NISN lulusan tahun 2017 dan 2018 dengan status Menunggu Persetujuan. Seperti yang terlihat pada gambar diatas.
Baca juga:
Biasanya Status Pengajuan sudah disetujui atau belum atau bahkan mungkin masih dalam proses menunggu persetujuan tersebut memakan waktu yang relatif cepat atau bahkan bisa mencapai beberapa hari tergantung kebenaran data yang dikirim.

Untuk lebih jelas mengenai cara verval NISN Lulusan anda dapat melihatnya pada video dibawah ini:


Fitur Baru di Website NISN Kemdikbud

Selain dari pada terdapatnya fitur pengajuan verval NISN lulusan  juga pada website NISN Kemdikbud saat ini terdapat fitur baru yaitu pada Menu Data Siswa di kolom tampilan Pencarian Berdasarkan NISN dan Pencarian Berdasakan Nama terdapat kolom untuk memasukan nama Ibu Kandung, yang terlihat seperti gambar dibawah ini.

Verval NISN siswa lulusan SD, SMP, SMA, SMK mempermudah memeriksa kebenaran data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) siswa lulusan.

Itulah cara verval NISN bagi siswa lulusan yang tujuannya adalah untuk mempermudah dalam memeriksa kebenaran data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) siswa lulusan yang telah dikonfirmasi melalui penyediaan bukti yang objektif dengan cara melengkapi formulir identitas lulusan dan sekolah lulusan serta dengan mengirimkan file berupa ijazah sebagai persyaratannya.

bm

Media informasi berbasis online bagi guru pendidikan dasar dan menengah, yang menyajikan informasi seputar dunia pendidikan di Indonesia.

43 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. izin bertanya,saya lulusan sma tahun 2018,sudah melakukan verval NISN dan status pengajuanya sudah disetujui, tetapi begitu saya cek NISN melalui pencarian berdasar nama,tempat tanggallahir, dan nama ibu, NISN saya tidak ditemukan, mohon solusinya
    TERIMAKASIH..

    BalasHapus
  2. Biasanya untuk menunggu hasilnya dapat menunggu beberapa hari bahkan mungkin beberapa minggu. Tapi mudah-mudahan prosesnya tidak terlalu lama...

    BalasHapus
  3. Kira2 kalau mau mempercepat prosesnya bisa gak ya ? Soalnya mau dipakai untuk pendaftaran UTBK SBMPTN 2019

    BalasHapus
  4. Sebaiknya jika NISN tersebut mau segera digunakan untuk pendaftaran UTBK SBMPTN lebih baik hubungi sekolah anda agar tidak menunggu lama. Khawatirnya pengajuan verval NISN lulusan tersebut belum disetujui dengan cepat

    BalasHapus
  5. Anda dapat mengunjungi website http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data, jika data yang dimasukan sudah benar tetapi tidak muncul pada pencarian maka secara tidak langsung itu berarti data anda tidak di input atau meskipun sudah diinput tetapi terdapat kesalahan. Saran Admin sebaiknya segera hubungi operator sekolah untuk mengecek apakah data anda sudah di input atau belum pada aplikasi dapodikdasmen sekolah tersebut dan NISN tersebut sudah di uprove oleh dinas pendidikan terkait ataukah belum..

    BalasHapus
  6. Mimin berapa hari baru diverivikasi? Apakah sampai 3 hari??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dari dinas kabupaten untuk melakukan verval NISN. Tapi biasanya kalau di jam-jam kerja, akan lebih cepat di validasi tidak sampai 1 minggu...

      Hapus
  7. Kak, kalau misal saya cek NISN anak & nama Ibu Kandung di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data hasil pencarian nihil, namun di Aplikasi Dapodik yang operator tunjukkan sudah ada, itu kenapa ya?

    Kemudian jika ada kesalahan NIK, apakah harus mengajukan perubahan melalui verval? Ditunggu jawabannya. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil pencarian nihil itu kemungkinan besar dikarenakan data pada aplikasi dapodik dengan data di verval NISN (https://sso.data.kemdikbud.go.id/) belum di upprove seluruhnya oleh dinas pendidikan kabupaten.

      Untuk perbaikan NIK cukup hubungi OPS Sekolah agar diperbaiki pada aplikasi dapodik dan website verval NISN nya dengan melampirkan scan akte kelahiran atau KK

      Hapus
  8. assalamu'alaikum min, mau tanya, sya sudah mengajukan verval dari tgl 19 agustus 2019, sampai hari ini belum ada perubahan status, masih menunggu persetujuan, apakah kalo ada data yg kurang, tidak lengkap atau salah, ada pemberitahuan lanjutan atau tidak yah? terima kasih. wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  9. assalamu'alaikum, min izin bertanya, sya sudah melakukan pengajuan sejak tanggal 19 agustus 2019, sampai hari ini belum ada perubahan status, masih menunghu persetujuan, apakah jika ada data yg kurang, salah atau tidak lengkap ada pemberitahuannya? terima kasih

    BalasHapus
  10. Maaf, komentarnya berisi pertanyaan. Verval itu apa? Verifikasi validitas? Fungsinya buat apa ya verval? Siswa tingkat apa yang butuh melakukan verval NISN nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Verval itu Verifikasi dan Validasi. Jadi NISN itu adalah Nomor Induk Siswa Nasional yang didapat dari Kemendikbud. Jadi dengan melakukan verval NISN, siswa lulusan terutama siswa SMA/SMK/MA dapat mengajukan keabsahannya. Supaya pas nanti daftar kuliah di perguruan tinggi negeri datanya sudah valid. Sekarang ini untuk mengikuti UMPTN dan sejenisnya, NISN itu merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa..

      Hapus
  11. Informasi cara vervalnya lengkap dan jelas. Terima kasih admin guru dikdasmen

    BalasHapus
  12. Verifikasi dan validasi NISN ini kan yang ngeluarin kementerian ya, kok di verval lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan dari verval ulang NISN lulusan itu karena masih terdapat banyak kesalahan pada rekam biodata siswa. Biasanya kesalahan nama ibu, no NIK yang tercatat di disduk pun jadi permasalahan. Untuk itulah dari dua kementerian, antara kemendikbud dan kemendukcapil saling bekerjasama

      Hapus
  13. Artikelnya cukup membantu. Terima kasih

    BalasHapus
  14. Pas SMA saja gak ada verval NISN begini, tapi sekarang jadi wajib begitu kah? Kebijakan sudah banyak berkembang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib mas. NISN diperoleh berdasarkan entrian biodata siswa dimulai dari jenjang TK pada aplikasi dapodikdasmen. Dan NISN itu berlaku selama anak tersebut menjadi siswa di sekolah bahkan hingga ke perguruan tinggi baiknegeri maupun swasta

      Hapus
  15. Wah, ngikut ops sekolah aja dah klo ngurusin NISN. Secara kita mah tahu matengnya aja. Eh, ya ampuun. Gak boleh yak? Kudu usaha juga 😚

    BalasHapus
  16. Waaaah, saya lulus SMA udah belasan tahun lalu dan belum nyampe 10 digit angkanya. Kekekeke. Informatif nih tulisannya, khususnya buat anak-anak sekolah menengah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dulu NIS (Nomor Induk Siswa) yang diterbitkan oleh sekolah asal, tapi sekarang selain NIS juga ada NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang diterbitkan oleh kemendikbud mbak..

      Hapus
  17. apakah ini wajib untuk siswa mbak? eksekutornya operator saja kan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pak guru juga lebih tahu tentang hal ini.

      Hapus
  18. NISN ini berlaku serupa seperti NIK atau berganti setiap jenjangnya pak? Lalu apakah sudah berlaku Nasional atau daerah tertentu saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berlaku selama jadi siswa dengan nomor yang sama mulai dari tingkat TK smp dengan perguruan tinggi karena sudah berlaku secara nasional

      Hapus
  19. Praktis ya sekarang..segala sesuatu bisa dicek secara online. Bermanfaat infonya, agar para siswa atau orang tua pro aktif melakukan pengecekan data. Tfs. .

    BalasHapus
  20. Wah saya baru tahu hal-hal seperti ini. Maklum, sudah lama lulus belasan tahun yang lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sistem pendidikan sudah semakin maju mabk

      Hapus
  21. Sistem pendidikan makin canggih aja ya, jadi lebih mudah dan praktis karena bisa dilihat online

    BalasHapus
  22. Informasinya bermanfaat Mbak. Maklum saya ketinggalan info untuk hal ini.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum min,kemarin saya melakukan verifikasi nisn pada jam sore,sudah 2 hari yang lewat,kemungkinan di setujui oleh admin itu berapa lama ya?soal nya nisn saya itu yang di ijazah berbeda dengan data di dapodik,sudah melapor ke pihak SMA katanya tunggu konfirmasi verifikasi ini,sedangkan saya ingin mendaftar ke PTN dan pendaftarannya itu akan tutup kurang lebih 1 minggu ini,apakah admin bisa membantu agar prosesnya tidak memakan waktu yang lama? Saya disini sangat membutuhkan pertolongan agar verifikasi Nisn saya cepat selesai,atas perhatian admin saya ucapkan terimakasih,wassalam

    BalasHapus
  24. assalamualaikum saya RANITA SARI mengajukan validasi NISN yang salah jenis kelamin sama nama ibu. saya sudah 2 kali validasi tetapi ditolak. saya validasi lagi untuk yg ke 3 kalinya, tapi tidak bisa di ajukan karena sistem directori tdk ditemukan. pertanyaan sya solusinya bagaimana admin.

    BalasHapus
  25. saya RANITA SARI izin bertanya saya sdh mengajukan atau melakukan validasi 2 kali karena jenis kelamin dan nama ibu saya pada NISN online salah tetapi semuanya ditolak terus saya melakukan validasi yang ke 3 kali tapi tidak bisa di ajukan alasannya direktori tidak ditemukan.pertanyaan saya itu kesalahan server atau bagaimana dan solusi biar saya bisa perbaikin NISN bagaimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau langkah-langkah yang sudah disebutkan diatas sudah dilakukan seluruhnya, namun masih tidak ada perubahan. sebaiknya segera hubungi sekolah atau dinas pendidikan terdekat

      Hapus
  26. izin bertanya
    setelah saya cek NISN di data kemdikbud valid, tapi kenapa ketika saya mau mendaftar KIP-Kuliah tidak bisa (NISN tidak ditemukan) dan saya sudah mengajukan verifikasi NISN dari 1 bulan yang lalu, tapi sampai sekarang belum ada konfirmasi apapun
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  27. Izin bertanya perihal NISN saya yang mana dulu pada saat saya lulus tahun 2017, NISN saya terdapat 2 NISN berbeda di web cek NISN.

    Dan belakangan ini saya kembali mengecek NISN saya di laman cek NISN (terbaru) namun NISN saya yang sesuai ijazah sudah tidak dapat di temukan. Sedangkan Ijazah SMP dan SMK saya menggunakan NISN itu.
    Jika saya mencari berdasarkan nama sekarang hanya terdapat NISN yang berbeda dari ijazah.

    Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana mengatasi hal ini, agar NISN saya sama dan sesuai dengan yang ada di Ijazah. Apakah bisa menggunakan fitur verval lulusan seperti diatas. Mohon bantuannya admin. Terimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba hubungi sekolah asal atau langsung ke dinas kabu/kota untuk perbaikan NISN supaya sesuai dengan di ijazah

      Hapus
  28. Assalamualaikum kakk, izin bertanya saya lulusan SMK tahun 2014. Saya coba cek NISN saya di lamaan tersebut tetapi data saya tidak ditemukan. Apakah laman ini hanya berlaku untuk lulusan 2017 ke atas. Terima kasih

    BalasHapus
avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Welcome to Guru Dikdasmen blog