Cek Laporan Penyaluran dan Pencairan Dana BOS Tahun 2019
Loading...

21 March, 2019

author photo
Loading...
Loading...
gurudikdasmen.com - Mengecek laporan penyaluran dan pencairan dana BOS adalah salah satu upaya proses transparansi bantuan BOS, Kemendikbud mengharapkan partisipasi masyarakat dalam mengawal proses BOS agar digunakan sebagaimana semestinya dan memberi laporan jika mendapatkan temuan penyalahgunaan dana BOS. Laporan tersebut akan ditindak lanjuti oleh kabupaten terkait dan diproses sesuai dengan peraturan yang berlaku. 
Laporan Penyaluran dan Pencairan Dana BOS Tahun 2019
Cek Laporan Penyaluran dan Pencairan Dana BOS Tahun 2019 
Hal ini merupakan bentuk transparasi penyaluran dana BOS sehingga masyarakat dapat mengawasinya. Penyaluran atau pencairan dana BOS tahun 2019 disalurkan di awal triwulan didasarkan pada data Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Besar dana BOS yang diterima oleh sekolah dihitung berdasarkan jumlah peserta didik untuk penyediaan pendanaan biaya operasional bagi sekolah sebagai pelaksana program wajib belajar. Penerimanya adalah semua sekolah, baik negeri maupun swasta yang sudah terdata dalam sistem Dapodik.

Cara cek laporan penyaluran dan pencairan dana BOS tahun 2019

Untuk mengecek laporan penyaluran dan pencairan dana BOS tahun 2019, anda dapat mengikuti langkah-langkahnya yang Admin jelaskan dibawah ini:
  1. Silahkan anda kunjungi laman https://bos.kemdikbud.go.id/
  2. Setelah laman tersebut terbuka, klik tombol "MASUK WEBSITE".
  3. Kemudian klik tab menu Penyaluran Dana -> Laporan Penyaluran
  4. Pada tab menu laporan penyaluran, silahkan arahkan kursor ke bawah untuk mencari nama provinsi atau dengan cara memasukkan kata kunci pencarian pada kolom Search
  5. Silahkan cek apakah di provinsi anda, dana BOS tersebut sudah di salurkan atau masih dalam proses penyaluran atau mungkin masih tahap persiapan penyaluran.
  6. Untuk mengecek status laporan pencairan dana BOS, anda dapat menggunakan tab menu Laporan Pencairan
  7. Pilih dan lengkapi kolom Jenjang sekolah, Status sekolah, Provinsi, Triwulan, Kabupaten/Kota dan Tahun, kemudian klik Submit untuk melakukan pencarian dengan mudah, anda juga dapat memanfaatkan kolom search. 
  8. Untuk melihat keseluruhan status pencairan dan BOS berdasarkan provinsi, kabupaten, dan sekolah anda juga dapat memanfaatkan tombol Excel untuk mengunduh status pencairan dana BOS tahun 2019 dalam format excel.
Laporan Penyaluran dan Pencairan Dana BOS Tahun 2019
Laporan penggunaan dana BOS tahun 2019 per komponen
Untuk mempermudah dalam pengecekan laporan penyaluran dan pencairan dana BOS tahun 2019, anda juga dapat menyaksikan video tutorialnya pada Channel Guru Dikdasmen berikut ini :


Laporan penggunaan dana BOS tahun 2019 per komponen

Selain dapat melakukan pengecekan laporan penyaluran dan pencairan dana BOS tahun 2019 pada laman website BOS Kemdikbud tersebut, anda juga dapat melihat laporan penggunaan dana BOS tahun 2019 per komponen pada sekolah anda dengan cara memanfaatkan tab menu Penggunaan Dana. Itulah cara mudah untuk mengecek laporan penyaluran dan pencairan dana BOS tahun 2019
Loading...

Postingan ini memiliki : 0 komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

Artikel selanjutnya Postingan selanjutnya
Artikel sebelumnya Postingan sebelumnya
Loading...
Loading...