Jawaban Post Test Topik Diferensiasi dalam Pembelajaran (SD/ Paket A) Modul 2, Persiapan Pembelajaran Terdiferensiasi

Ibu dan bapak guru, berikut ini adalah kunci jawaban post test modul 2 dari topik Diferensiasi dalam Pembelajaran (SD/ Paket A).
Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

Kunci Jawaban Post Test Topik Diferensiasi dalam Pembelajaran (SD/ Paket A) Modul 2, Persiapan Pembelajaran Terdiferensiasi

Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang penerapan Kurikulum Merdeka agar dapat membantu bapak dan ibu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Kunci Jawaban Post Test Topik Diferensiasi dalam Pembelajaran (SD/ Paket A) Modul 2, Persiapan Pembelajaran Terdiferensiasi

Ibu dan bapak guru dapat mengerjakan post test setelah menyelesaikan seluruh aktivitas, menyimak materi yang tersedia, latihan pemahaman dan cerita reflektif dari setiap modulnya. Alangkah baiknya jika ibu/bapak guru mengerjakannya terlebih dahulu sebelum menyimak artikel ini.

Berikut kunci jawaban Post Test Topik Diferensiasi dalam Pembelajaran (SD/ Paket A) Modul 2, "Persiapan Pembelajaran Terdiferensiasi" pada platform Merdeka Mengajar.

Latihan Pemahaman Ke 1:

1. Ketika ingin memodifikasi modul ajar, pemetaan pada murid  adalah hal yang penting untuk dilakukan sebagai bekal untuk memodifikasi modul ajar sesuai dengan kebutuhan murid.
A. Benar 
B. Salah 
Jawaban: A

Latihan Pemahaman Ke 2:

1. Pengelompokan pada murid dapat didasarkan pada pilihan bebas guru, seperti kedekatan orang tua murid, tingkat strata sosial dan kedekatan murid.
A. Benar
B. Salah 
Jawaban: B

Latihan Pemahaman Ke 3:

1. Sebagai guru maka kita dapat melibatkan murid dalam belajar. Murid dapat dilibatkan pada proses pembelajaran, mulai tahap perencanaan hingga tahap refleksi. 
A. Benar
B. Salah 
Jawaban: A

2. Pelepasan tanggung jawab adalah sebuah proses tentang tanggung jawab berpikir yang secara bertahap bergeser dari guru sampai akhirnya siswa-siswi dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri.  
A. Benar 
B. Salah 
Jawaban: A

Soal-soal Post Test Topik Diferensiasi dalam Pembelajaran (SD/ Paket A) Modul 2

1. Perhatikan beberapa pernyataan di bawah ini: 

  1. Murid menentukan tujuan yang akan dicapai serta hal apa yang ingin diketahui. 
  2. Murid melakukan refleksi atas kemampuannya. 
  3. Guru memberikan rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian murid.. 
  4. Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama.  
Kemudian alur tahapan pembuatan tujuan belajar oleh murid yang tepat adalah
A. 1, 2, 3, 4 
B. 1, 3, 2, 4 
C. 4, 3, 2, 1 
D. 4, 2, 3, 1 
Jawaban: C

2. Bagaimana perubahan peran guru dalam kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi? 

A. Guru merupakan sumber belajar utama dan murid mengikuti apa yang telah ditetapkan.  
B. Guru bukan sumber belajar utama, sehingga murid bisa belajar dari siapa saja dan dimana saja.
C. Guru menjadi mediator antara murid agar terjadi transfer pengetahuan di kelas.  
D. Guru menjadi motivator yang mengamati murid dari jauh selama proses belajar.  
Jawaban: B

3. Pak Ismail ingin mengajak anak didiknya untuk terlibat dalam proses pembelajaran, khususnya pada tahap perencanaan. Selanjutnya salah satu langkah yang bisa dikerjakan pak Ismail adalah

A. Mengajak murid untuk menyepakati target dan tujuan belajar.
B. Mengajak murid untuk berdiskusi terkait cara belajar dan strategi belajar yang diinginkan  saat belajar.  
C. A dan B adalah jawaban salah. 
D. A dan B adalah  jawaban benar.  
Jawaban: A

4. Bu Putri ingin membagi muridnya dalam kelompok sehingga dia dapat melakukan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan minat muridnya. Ternyata bu Putri tetap kesulitan karena semua muridnya tetap bertanya padanya dan proses belajar masih berpusat pada guru. Kemudian apa yang dapat bu Putri lakukan?

A. Bu Putri dapat melakukan praktek pelepasan tanggung jawab bertahap. Dia mengajak murid dalam group untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Maka porsi tanggung jawab guru lebih besar dari murid. 
B. Bu Putri dapat melakukan praktek pelepasan tanggung jawab bertahap. Dia mengajak murid dalam group untuk bekerja sendiri-sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Murid tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.  
C. Bu Putri dapat melakukan praktek pelepasan tanggung jawab bertahap. Dia mengajak murid dalam group dapat menghasilkan karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Murid bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Murid memiliki porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding dengan guru.
D. Salah 
Jawaban: C

Sebagai panduan dalam mengerjakan post test topik  Diferensiasi dalam Pembelajaran (SD/ Paket A) Modul 2, "Persiapan Pembelajaran Terdiferensiasi", Anda juga dapat melihat melalui tayangan video YouTube dibawah ini:

Demikian pembahasan kunci jawaban modul 3 topik  Diferensiasi dalam Pembelajaran (SD/ Paket A) Modul 2, "Persiapan Pembelajaran Terdiferensiasi". Semoga bermanfaat dan dapat membantu.
Baca juga:

Disclaimer

  • Artikel ini dibuat dan disajikan sebagai referensi bapak/ibu guru dalam mengerjakan post test.
  • Pembahasan dalam artikel ini bersifat terbuka, bapak/ibu guru dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.
  • Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

bm

Media Informasi Guru Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Selamat datang di Guru Dikdasmen
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!