Program Belajar dari Rumah Melalui Tayangan TVRI

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi meluncurkan program "Belajar dari Rumah Melalui Tayangan TVRI" sebagai alternatif belajar di tengah pandemi virus korona (Covid-19). Dalam kondisi darurat seperti sekarang ini masyarakat terus mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran di rumah, salah satunya melalui media televisi.

Kemendikbud meluncurkan program "Belajar dari Rumah Melalui Tayangan TVRI" sebagai alternatif belajar

Jadwal Program Belajar dari Rumah

Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19.

Selain materi pembelajaran untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pendidikan menengah, Program Belajar dari Rumah juga menayangkan materi bimbingan untuk orang tua dan guru serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap hari Sabtu dan Minggu.

Program belajar di rumah melalui tayangan TVRI ini telah dimulai pada hari Senin, 13 April 2020 dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020. Jadwal di hari Senin hingga Jumat digunakan untuk pembelajaran dengan total durasi tiga jam per hari untuk semua tayangan.

Dari setiap tayangan program belajar dari rumah ini masing-masing berdurasi setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setengah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD, dan setengah jam masing-masing untuk SMP, SMA, dan bimbingan orang tua.

Baca juga:

Materi program belajar dari rumah ini diambil dari berbagai sumber. Sebagian besar materi sudah diproduksi oleh Kemendikbud melalui Televisi Edukasi (TVE) maupun produksi dari pihak luar Kemendikbud, yakni Jalan Sesama untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Tayangan Khusus Program Belajar

Terkait program kebudayaan, pada hari Sabtu dan Minggu, terdapat durasi tiga jam khusus untuk program-program kebudayaan, antara lain gelar wicara (talkshow), podcast, kesenian, dan magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia.

Sedangkan pada malam hari akan ditayangkan film Indonesia pilihan dari berbagai genre seperti film anak, drama, dan dokumenter. Untuk jadwal acara program Belajar dari Rumah, masyarakat dapat melihat dan mengunduhnya di laman kemdikbud.go.id.

Kemendikbud akan menyiapkan sekitar 720 episode untuk penayangan program Belajar dari Rumah melalui tayangan TVRI selama 90 hari ke depan di TVRI. Saat ini Kemendikbud sudah menyiapkan tayangan untuk dua minggu pertama, sambil memproduksi untuk tayangan di minggu-minggu berikutnya.

bm

Media Informasi Guru Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.

3 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. anak saya tiap jam 10 udah siaga depan TVRI, guru2nya ngasih tugas berdasarkan materi tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bang, karena keadaan sekarang proses KBM dilakukan di rumah siswa masing-masing dibawah pengawasn orang tua dan guru

      Hapus
  2. Hanya TVRI yang tayangannya berkualitas, dan aman di tonton untuk semua umur, coba bandingkan dengam TV sebelah.... !!!

    BalasHapus
avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Selamat datang di Guru Dikdasmen
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!