Mengenal Startup Studio Indonesia Lebih Dekat

Ditengah masa pandemi saat ini, kehadiran startup digital telah memberikan jawaban bagi penyediaan kebutuhan pokok masyarakat melihat kemajuan industri startup digital di Indonesia di masa datang. Diinisiasi untuk menjawab masalah sulitnya mendapat sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis, Startup Studio Indonesia hadir dalam mengembangkan solusi yang dibutuhkan oleh startup.

Startup Studio Indonesia adalah sebuah program pengembangan startup digital intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo

Mengenal Startup Studio Indonesia

Startup Studio Indonesia sendiri adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang tujuannya adalah untuk memfasilitasi startup digital yang sudah mencapai tahap product-market fit dan memiliki founder yang potensial.

Program ini menyediakan akses mentoring dan networking bagi para pegiat startup digital nasional yang ingin mengembangkan usahanya. Inisiatif program ini merupakan akselerasi transformasi digital, di mana salah satu arahannya adalah penyediaan talenta atau SDM digital yang berkualitas.

Program Startup Studio Indonesia didasarkan pada semangat kolaboratif antara peserta maupun para mentor. Program ini dapat berjalan dengan baik atas hasil kolaborasi antara pemerintah, pegiat startup digital, praktisi, akademisi, dan juga para penanam modal ventura.

Visi dan Misi Startup Studio Indonesia

Dengan mengusung visi untuk menciptakan ekosistem digital Indonesia yang kaya akan sumber daya untuk diakses oleh para founder startup dalam berinovasi untuk mendorong transformasi digital Indonesia.

Selain itu, Startup Studio Indonesia juga memiliki misi yang tidak kalah baiknya, yakni untuk memfasilitasi akselerasi dari startup berkualitas dengan menyediakan sumber daya dan jejaring untuk mengembangkan skala usahanya.

Program Startup Studio Indonesia

Program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, strategi pengembangan produk untuk mencapai product-market-fit, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

Di tengah perkembangan ekosistem startup Indonesia yang pesat, ada tantangan bagi para founder yang baru memulai startup-nya untuk mendapatkan sumber daya (talenta digital) dan pengembangan startup. Program intensif bagi early-stage startup yang berfokus pada pengembangan strategi produk, tim, teknologi, business skill dan branding agar mencapai product-market-fit dan siap scale up.

Tajuk utama Startup Studio Indonesia adalah more brainstorming less classes, sehingga melalui diskusi berbobot dengan para mentor, para finalis dapat mengembangkan skala bisnisnya, mulai dari aspekfundrising, growth marketing, hingga technology development

Para pegiat startup digital dalam memanfaatkan solusi digital dan merintis usaha, masyarakat Indonesia telah merasakan berbagai kemudahan dalam berbagai aspek, mulai dari perekonomian digital, pendidikan, kesehatan, pengembangan UMKM ultra mikro, hingga sistem keuangan digital.

Kementerian Kominfo untuk terus mendukung terciptanya ekosistem startupdigital yang kuat dan memadai melalui pembangunan infrastruktur TIK, adopsi teknologi, pengembangan talenta digital, hingga percepatan dan penyempurnaan regulasi.

1. Founder's Camp

Rangkaian mentoring atau brainstorming dengan para pelaku industri, untuk mendiskusikan ilmu praktis yang harus dikuasai para founder untuk mengembangkan skala usahanya. Kegiatan ini dilakukan selama 5 hari dengan topik:
  1. Product Strategy
  2. Fundraising (Finance & Legal)
  3. Marketing dan Growth Hacking
  4. Customer Experience
  5. Leadership

2. 1-on-1 Coaching

Sesi privat per-startup untuk mendapatkan sesi konsultasi dan supervisi eksekusi bersama para ahli dengan fokus utama strategi pengembangan produk untuk mencapai product-market-fit, strategi pengembangan skala bisnis, growth marketing, serta pengembangan teknologi selama 7 minggu.

Penutup

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menciptakan wadah untuk mempertemukan digital dengan investor penanam modal atau lewat program Startup Studio Indonesia. Program Startup Studio hadir untuk memfasilitasi startup digital yang berada di titik awal atau early stage untuk mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas dan juga akses terhadap venture capital lokal maupun global.

Para pegiat startup digital yang tergabung akan dikumpulkan secara daring selama tiga bulan untuk memperoleh sesi bimbingan dan konsultasi langsung dari para pakar di industri ini agar pegiat startup digital siap untuk mendapatkan pendanaan yang memadai

0 Comments

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...