Lego Pesawat, Mainan Edukatif untuk Anak-Anak

Bagi anak-anak, proses belajar adalah bermain. Upaya belajar dalam rangka menumbuhkembangkan anak harus didukung oleh sejumlah alat permainan. Untuk itu sebagai guru di sekolah atau orang tua di rumah harus mengetahui alat permainan seperti apa yang layak diberikan pada anak.

Lego Pesawat, Mainan Edukatif untuk Anak-Anak

Lego Pesawat, Mainan Edukatif Anak

Alat permainan yang digunakan oleh anak harus memiliki kriteria kelayakan. Mainan dengan label ramah anak menjadi kata kunci jika alat tersebut dapat disebut layak atau tidak untuk anak. Ramah, setidaknya ketika dimainkan oleh anak tidak membahayakan (mengandung zat tertentu) dan tidak dapat melukai fisik.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua sebelum memberikan mainan untuk anaknya, diantaranya:
  • Memenuhi persyaratan keamanan SNI (Standar Nasional Indonesia)
  • Ukuran harus sesuai dengan usia anak. Diameter <1,75 inchi atau 4,4 cm tidak untuk anak dibawah 3 tahun.
  • Bahan mainan harus dari bahan yang aman.
  • Bentuk aman, tidak tajam, runcing atau bergerigi.
Selain itu, jenis mainan anak haruslah sesuai dengan usia perkembangannya. Dengan demikian, maka alat permainan yang digunakan oleh anak, bukan hanya sekedar untuk menghibur, tetapi juga memiliki nilai untuk merangsang perkembangan otaknya.

Salah satu mainan edukatif yang dapat digunakan anak-anak untuk merangsang perkembangan otaknya yaitu lego pesawat. Minan ini dapat juga digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran pada anak usia dini. Untuk memainkan alat ini, agar permainan lebih terarah, maka anak harus didampingi oleh orang dewasa.

Manfaat Permainan Lego

Selain sebagai sarana pembelajaran yang edukatif, lego pesawat juga memiliki manfaat yang lain, diantaranya dapat melatih ketangkasan, kreativitas dan kemampuan interaksi sosial. Berikut ini adalah manfaat lain dari permainan lego pesawat bagi anak-anak.

Mengenal Ragam Jenis

Banyaknya jenis lego pesawat dengan warna, ukuran serta bentuk yang berbeda-beda, memudahkan orang tua untuk membantu mengenalkan pada anak. Dengan bermain seperti itu, anak dapat mudah menghafal, mengenali berbagai jenis bentuk lego pesawat.

Tingkatkan Kreativitas

Manfaat lain bermain lego pesawat yaitu dapat meningkatkan krativitas. Selain itu anak juga mampu memecahkan masalah pada saat bermain.

Melatih Motorik

Kondisi motorik halus yang masih perlu dilatih membuat anak-anak sering tidak sabar dalam merangkai Lego. Merangkai Lego membutuhkan ketepatan posisi antara satu dengan yang lain, sehingga perlu motivasi dari orang tua agar anak mau berjuang dan bersabar dalam mengerjakannya. 

Dengan bermain Lego, koordinasi tangan dan mata anak-anak terlatih. Selain itu, beberapa manfaat bermain lego seperti melatih kemampuan anak untuk memilih, mengendalikan, menempatkan dan menggerakkan benda juga akan berkembang dengan baik.

Mampu Bersosialisasi dan Kerjasama

Ajak anak-anak untuk bermain lego dengan teman-temannya atau anggota keluarganya. Manfaat bermain lego dalam kaitannya dengan hubungan sosial adalah anak-anak akan menjadi lebih ramah dan pandai bersosialisasi ketika mereka membuat sebuah konstruksi secara berkelompok. Anak akan berlatih berkomunikasi dan mengemukakan ide. Alhasil, anak menjadi lebih siap untuk bersosialisasi di masyarakat dan lingkungan sosialnya.

Penutup

Lego tak hanya mainan semata, lego juga digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan di beberapa sekolah melalui Lego Education Program. Dengan pendekatan bermain lego pada beberapa mata pelajaran, anak yang tertarik dan menyukainya sehingga mainan ini sangat menunjang edukasi.

Manfaat bermain lego ini dapat anak-anak peroleh tanpa mereka sadari saat bermain. Anak-anak hanya menganggap lego sebagai mainan yang seru. Jadi tidak aneh jika anak-anak yang bermain lego akan mengalami perkembangan kecerdasan yang lebih cepat dari sebelumnya.

0 Comments

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...