Ketahui Manfaat Minum Susu Secara Rutin Setiap Hari

Tidak hanya baik untuk perkembangan anak, susu yang memiliki kandungan protein, lemak, dan vitamin, ternyata baik dikonsumsi oleh orang dewasa. Apa manfaat minum susu lainnya yang perlu diketahui? 

Selain merupakan pelengkap nutrisi bagi tubuh untuk memenuhi gizi seimbang, susu juga mengandung berbagai nutrisi penting termasuk protein, kalsium, kalium, fosfor dan yodium, serta vitamin B2 dan B12.

Manfaat minum susu secara rutin setiap hari untuk kesehatan tubuh

Manfaat Minum Susu

Minum susu setiap hari ternyata juga sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak serta tulang. Kandungan kalsiumnya bisa menyokong tulang agar lebih kuat. Biasanya pada usia 30 tahun merupakan awal seseorang mengalami regenerasi fungsi tulang. Maka dengan rajin minum susu, hal itu bisa diperlambat.

Berikut ini manfaat minum susu secara rutin setiap hari bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Susu merupakan salah satu jenis minuman dengan kandungan gizi terlengkap dibandingkan dengan minuman lainnya. Hal ini tentunya juga berlaku pada susu jenis apa pun yang apabila minum dengan rutin setiap hari maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
.
Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, secara otomatis tubuh tidak akan mudah jatuh sakit lagi. Sebab susu memang mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup.

Pemeliharaan Fungsi Otak

Jika rutin minum susu juga dapat memiliki efek yang positif terhadap kesehatan otak. Sebagai pusat sistem saraf dan juga sebagai pusatnya anda berpikir, organ otak ini sangat membutuhkan nutrisi lemak yang cukup.

Asupan susu yang cukup setiap hari dapat membantu memberikan nutrisi lemak yang cukup untuk pemeliharaan jaringan neuron di otak.

Memeliharaan Otot

Manfaat pertama yang bisa anda dapat dari minum susu yaitu bisa membantu pemeliharaan otot secara keseluruhan. Terlebih jika anda saat ini sedang aktif melakukan fitness atau angkat beban supaya bisa meningkatkan masa otot. Kandungan protein pada susu sapi ini sangat dibutuhkan sekali oleh otot-otot agar sel-sel jaringan yang rusak bisa diperbaiki oleh senyawa pembangun ini.

Tingkatkan Kekuatan Tulang

Tulang yang ada pada tubuh manusia juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya untuk pemeliharaan kesehatan. Kondisi tulang yang sehat tentu terbebas dari penyakit osteoporosis akibat kekurangan senyawa mineral penting yaitu Kalsium.
 
Dengan meminum susu setiap hari, maka tubuh akan mendapatkan tinggi Kalsium serta kandungan mineral lainnya yang bagus sekali untuk meningkatkan kekuatan tulang.

Kesehatan Jantung

Kalium juga termasuk kandungan susu, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Mengasup lebih banyak kalium, disertai mengurangi asupan sodium (garam), bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan stroke.

Cegah Kanker

Susu mengandung kalsium dan vitamin D, dua nutrisi yang membantu melindungi dari kanker. Kalisum bisa melindungi lapisan usus guna mengurangi risiko kanker usus besar atau kanker rektum. Namun perlu diperhatikan bahwa penelitian telah mengaitkan antara terlalu banyak kalsium dengan kanker prostat.

Memutihkan Kulit

Susu mengandung asam laktat yang tinggi. Asam laktat pada susu diklaim dapat mencerahkan dan memutihkan kulit wajah dan tubuh. Saat minum susu, kandungan asam laktat tersebut akan diserap tubuh dan secara tidak langsung dapat membuat kulit menjadi lebih putih.

Manfaat minum susu di atas, tentunya bisa didapatkan jika minum susu secara rutin setiap hari. Sebisa mungkin, pilihlah susu murni yang tidak mengandung gula, perasa, pewarna, dan campuran lainnya sehingga, nutrisi pada susu tersebut tidak rusak atau berkurang.

0 Comments

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...