Tuesday, September 8, 2020

Verval Ponsel Siswa dan Guru di Website vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id

gurudikdasmen.com -  Dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi Covid-19, Kemendikbud akan memberikan subsidi berupa kuota internet bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Bantuan kuota internet gratis tersebut akan langsung diberikan pada siswa yang memiliki nomor ponsel aktif.

Pentingnya verval ponsel siswa dan guru adalah untuk memastikan kebenaran nomor HP peserta didik pada susbidi kuota internet gratis.

Untuk menerima manfaat dari pemberian kuota internet gratis, maka nomer ponsel peserta didik harus sudah diisi oleh operator sekolah pada aplikasi dapodikdasmen (data pokok pendidik dan tenaga pendidikan dasar dan menengah) pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 sebelum cut off tanggal 11 September 2020.

Pentingnya Verval Ponsel Siswa dan Guru

Agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan secara optimal, maka Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) bersama dengan Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Dinas Pendidikan Provinsi perlu melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel yang digunakan oleh masing-masing peserta didik.

Pentingnya melakukan verval ponsel siswa dan guru tersebut tujuannya adalah untuk memastikan kebenaran nomor ponsel siswa dan guru sebagai data awal dalam penyaluran bantuan kuota internet tidak ada kesalahan.

Namun seringkali berbagai masalah yang dialami oleh operator sekolah pada saat mengisi nomor ponsel siswa terdapat kesalahan pengisian nomor HP siswa dan guru yang sudah tidak aktif. Oleh karena itu harus segera dilakukan perbaikan.

Cara Verval Ponsel Siswa dan Guru

Untuk melakukan verval nomor HP siswa, operator sekolah harus melakukan perbaikan melalui laman https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/vervalponsel.

Pentingnya verval ponsel siswa dan guru untuk memastikan kebenaran nomor ponsel siswa dan guru pada bantuan kuota internet.

Agar dapat mengakses laman tersebut, operator sekolah harus sudah terdaftar pada laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan. Berikut ini cara registrasi keanggotaannya:
  1. Kunjungi laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih tab/menu Registrasi Anggota yang berada di deret paling atas.
  3. Pilih submenu Operator Sekolah
  4. Masukan identitas lengkap operator sekolah pada kolom registrasi Operator Sekolah
  5. Langkah terakhir klik Registrasi.
Pada saat mengisi biodata, pastikan telah menyiapkan email pribadi operator sekolah yang aktif, nomor HP dan surat tugas operator sekolah yang telah ditandatangani oleh kepala sekolah, dengan format PDF.
Di bawah ini adalah contoh SK Operator Sekolah, yang dapat Anda download dan digunakan untuk melengkapi isian biodata pada saat registrasi di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan.

Verval ponsel siswa dan guru untuk memastikan kebenaran nomor ponsel peserta didik pada bantuan kuota internet dari kemendikbud

Cara Login Verval Ponsel Siswa dan Guru

Setelah proses registrasi selesai, silahkan lakukan login pada aplikasi Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan dilaman https://sdm.data.kemdikbud.go.id. Berikut langkah-langkah login untuk melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel peserta didik dan guru.
  1. Isikan username dan password yang telah diregistrasikan.
  2. Klik Login untuk masuk aplikasi verval nomor ponsel di satuan pendidikan.
  3. Arahkan kursor pada menu Pengajuan, kemudian pilih tab peserta didik atau pendidik.
  4. Pada tab Peserta Didik, akan tampil nomor ponsel peserta didik dan provider nomor ponsel yang diisikan pada aplikasi Dapodik.
  5. Lakukan pengisian nomor ponsel peserta didik dan pengisian kepemilikan nomor ponsel menggunakan Fitur Perbaiki berada pada kolom Verifikasi. Fitur Perbaiki tersebut dapat digunakan untuk:
  • Memperbaiki nomor ponsel yang salah diisikan pada aplikasi Dapodik;
  • Mengisi nomor ponsel yang masih kosong;
  • Mengisi kepemilikan nomor ponsel.
Verval ponsel siswa dan guru untuk memastikan kebenaran nomor ponsel peserta didik pada bantuan kuota internet dari kemendikbud

Panduan Perbaikan Isian Nomor Ponsel Peserta Didik

Untuk melakukan perbaikan kesalahan nomor ponsel peserta didik dan guru, dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Pilih data peserta didik yang teridentifikasi salah pengisian nomor ponsel atau belum mengisikan nomor ponsel dengan cara klik Perbaiki ber-ikon pinsil pada kolom Verifikasi.
  2. Isikan nomor ponsel peserta didik yang aktif (Sistem secara otomatis akan mengidentifikasi Provider nomor ponsel siswa ketika nomor HP siswa yang diisikan sesuai dengan format.)
  3. Pilih kepemilikan nomor ponsel.
  4. Klik Simpan untuk menyimpan perbaikan nomor ponsel peserta didik atau guru.
Baca juga:
Pada tab Residu Provider akan tampil data siswa dengan nomor ponsel yang sudah tidak aktif atau nomor ponsel tidak ditemukan pada database provider (tidak tercatat). Residu Provider sendiri adalah merupakan data balikan dari provider. Oleh karena itu jika menemukan kesalahan pada Residu Provider, maka harus segera dilakukan perbaikan nomor ponsel oleh satuan pendidikan.
Satuan pendidikan yang telah membuat SPTJM dan sudah dilengkapi materai serta ditandatangani oleh Kepala Sekolah, diharapkan dapat segera mengunggah SPTJM tersebut di laman https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/sptjm/

Penutup

Itulah cara melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel siswa dan guru pada halaman website https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id untuk memudahkan operator sekolah melakukan perbaikan karena kesalahan pada saat pengisian nomor hp siswa dan guru pada aplikasi dapodik.

Jika setelah Anda selesai melakukan langkah-langkah tersebut, namun masih menemukan kendalanya. Berikut ini solusi input nomor ponsel siswa di laman verval ponsel yang dapat Anda coba.

bm

Media informasi berbasis online bagi guru pendidikan dasar dan menengah, yang menyajikan informasi seputar dunia pendidikan di Indonesia.

19 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. Maaf Bapak/Ibu admin data kemdikbud khususnya bagian verval ponsel ini, server yang Bapak/Ibu buat sebenarnya sama sekali belum sempurna malah menghambat kerja kami sebagai operator sekolah adanya kegagalan sistem, server eror, berat, bahkan sampai server down, sangat mengganggu buat kami, kami harus nungguin leptop 24 jam full untuk akses server verval ponsel, namun kenyataannya tetap tidak sesuai dengan usaha kami dan tuntutan untuk menyelesaikan verval Nomor ponsel tersebut tidak masuk akal untuk kami, jika berkenan bapak/ibu membantu memperbaiki sistem/server yg bapak/Ibh buat, agar kami bisa lebih diberi kemudahan dalam melakukan akses tersebut atau waktu cut off nya bisa diperpanjang, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sarannya. Nanti akan kami sampaikan pd tim pengembang web verval pd new.

      Semoga tetap semangat kerja..

      Delete
  2. servernya kok lambat kali. mohon dicek lagi lah, kan gak asik juga nongkrongin laptop terus tapi hasilnya minim. malah mata yang jadi minus. Tolonglah diperhatikan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Server web verval pd new masih dalam perbaikan karena banyaknya pengguna yg meng-akses. tunggu aja, nanti juga pulih kembali.

      Delete
  3. Kenapa daftar siswa tiba2 menghilang min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Server web verval pd new masih dalam perbaikan karena banyaknya pengguna yg meng-akses. tunggu aja, nanti juga pulih kembali.

      Delete
  4. Di kolom residu terdapat keterangan no HP yg tidak aktif, apakah harus ganti no HP ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti. Residu Provider membaca kalo no tsb sudah tidak digunakan lagi

      Delete
    2. Jika terjadi hal seperti itu, silahkan simak panduan lengkapnya pada artikel kami terbaru tentang "Solusi input nomor ponsel siswa di web verval ponsel"

      Delete
  5. sudah entri no hp siswa yg aktif tapi kenapa masuk diresidu..dan juga entri hp aktif (telpon/sms)
    ptk tp terbaca tidak aktif di residu...gimana tuh min?

    ReplyDelete
  6. Kenapa hanya nama saya yg tidak muncul di verval ponsel di kolom bagian pendidik padahal no hp sdh di inputkan di dapodik dan juga sdh di singkron sebelum tgl 11 September, padahal saya di dapodik berperan sebagai guru bukan tendik dan saya juga masuk di sekolah induk, mohon pencerahannya terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Server masih belum maksimal. Tunggu saja

      Delete
    2. Di sekolah kami juga masih ada guru yang belum muncul di verval ponsel.

      Delete
    3. Jika terjadi hal seperti itu, silahkan simak panduan lengkapnya pada artikel kami terbaru tentang "Solusi input nomor ponsel siswa di web verval ponsel"

      Delete
  7. Kenapa sekolah yang dibawah naungan kemenag belum bisa login

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara untuk sekolah yg berada di naungan dinas pendidikan dan yang terdaftar di aplikasi dapodikdasmen dulu. Mudah-mudahan nanti juga bisa login.

      Delete
  8. waduh kenapa server tingkat nasional tapi seperti ini ngeloading lama sekali gimana ?

    ReplyDelete
avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Welcome to Guru Dikdasmen blog