Jawaban Post Test Topik Profil Pelajar Pancasila Modul 6, Dimensi Bernalar Kritis

Ibu dan bapak guru, berikut ini adalah kunci jawaban post test modul 6 dari topik Profil Pelajar Pancasila, Dimensi Bernalar Kritis.
Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

Post Test Topik Profil Pelajar Pancasila Modul 6, Dimensi Bernalar Kritis

Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang penerapan Kurikulum Merdeka agar dapat membantu bapak dan ibu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Post Test Topik Profil Pelajar Pancasila Modul 6, Dimensi Bernalar Kritis

Ibu dan bapak guru dapat mengerjakan post test setelah menyelesaikan seluruh aktivitas, menyimak materi yang tersedia, latihan pemahaman dan cerita reflektif dari setiap modulnya. Alangkah baiknya jika ibu/bapak guru mengerjakannya terlebih dahulu sebelum menyimak artikel ini.

Berikut kunci jawaban modul 6 topik Profil Pelajar Pancasila,"Dimensi Bernalar Kritis" pada platform Merdeka Mengajar.

1. Perhatikan pernyataan berikut ini, yang bukan elemen dari dimensi bernalar kritis yaitu

A. Mendapatkan, memproses informasi serta gagasan
B. Mengevaluasi, menganalisis penalaran
C. Proses berpikir, refleksi pemikiran
D. Memverifikasi informasi
Jawaban: A
 

2. Bu Ima sedang memberikan kuis kepada para murid dengan tipe soal pilihan ganda. Akan tetapi bu Ima juga meminta pada siswa-siswi untuk menjelaskan alasan dari jawabannya. Maka praktek yang dikerjakan bu Ima membuatnya bisa melihat beberapa hal tentang siswa-siswinya, kecuali

A. Pemahaman siswa-siswi pada konsep
B. Miskonsepsi
C. Jawaban benar dan salah
D. Kesulitan yang dihadapi siswa-siswi
Jawaban: C
 

3. Berikut pernyataan tentang kemampuan siswa-siswi buat merefleksikan hasil pemikiran atau kesimpulan adalah bagian dari elemen .....

A. Refleksi pemahaman diri serta situasi yang dihadapi
B. Mendapatkan, memproses informasi serta gagasan
C. Proses berpikir dan refleksi pemikiran
D. Mengevaluasi, menganalisis penalaran
Jawaban: C

4. Bu Omas sedang mengajar IPA di kelas 7 pada fase D. Tujuan pembelajarannya yaitu murid dapat mengerti prosedur keselamatan kerja di laboratorium IPA. Dalam pembelajarannya Bu Omas mengajak siswa-siswi secara berkelompok untuk mengidentifikasi kecelakaan yang mungkin terjadi di laboratorium dan cara pencegahannya. Bu Omas juga menempelkan label informasi pada bahan dan peralatan di laboratorium IPA yang sedang dipelajari siswa-siswi.


Maka praktek yang dikerjakan Bu Omas menstimulasi elemen
A.Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan. Karena Bu Omas tidak memberikan langsung prosedur keselamatan kerja melainkan mengarahkan murid untuk mencari dan membentuk sendiri pemahamannya
B. Elemen menganalisis dan mengevaluasi gagasan. Karena dari label informasi yang diberikan Bu Omas, murid harus menganalisis dahulu bahaya yang mungkin
C. Jawaban A dan B benar
D. Tidak ada jawaban yang benar
Jawaban: C
 

5. Bu Sinta adalah seorang guru seni tari. Berikut ini yang dapat dikerjakan bu Sinta di kelasnya buat memfasilitasi siswa-siswinya bernalar kritis, kecuali

A. Dapat menceritakan hal yang mereka pelajari, ketika menonton pertunjukan pentas seni.
B. Saling mereviu penampilan kawan pada saat pentas
C. Dengan memberikan checklist komponen pertunjukan pada saat menonton pentas tari
D. Dengan membuka ruang diskusi tentang interpretasi tari
Jawaban: C

Demikian pembahasan kunci jawaban modul 6 topik Profil Pelajar Pancasila, "Bernalar Kritis". Semoga bermanfaat dan dapat membantu.
Baca juga:

Dimensi Bernalar Kritis pada Profil Pelajar Pancasila

Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir dalam mengambilan keputusan.
  • Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan. Pelajar Pancasila memproses gagasan dan informasi, baik dengan data kualitatif maupun kuantitatif.
  • Menganalisis dan mengevaluasi penalaran. Pelajar Pancasila menggunakan nalarnya sesuai dengan kaidah sains dan logika dalam pengambilan keputusan dan tindakan dengan melakukan analisis serta evaluasi dari gagasan dan informasi yang ia dapatkan.
  • Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri. Pelajar Pancasila melakukan refleksi dan evaluasi terhadap pemikirannya sendiri (metakognisi) dan berpikir mengenai bagaimana jalannya proses berpikir tersebut sehingga ia sampai pada suatu simpulan.

Disclaimer

  1. Artikel ini dibuat dan disajikan sebagai referensi bapak/ibu guru dalam mengerjakan post test.
  2. Pembahasan dalam artikel ini bersifat terbuka, bapak/ibu guru dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.
  3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

bm

Media Informasi Guru Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Selamat datang di Guru Dikdasmen
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!