6 Produk UMKM Andalan Indramayu yang Dikenal Luas dan Makin Berkembang

Indramayu merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Barat. Indramayu juga terkenal dengan sebutan kota mangga. Salah satu contoh UMKM di desa yang menjadi andalan kota mangga yaitu batik Paoman.


6 Produk UMKM Andalan Indramayu

Selain batik Paoman, masih banyak UMKM yang lain yang menjadi andalan Indramayu diantaranya yakni:

1. Produk UMKM Mango Moms

Mango Moms merupakan olahan buah mangga dengan rasa pedas. Produk Usaha Mokro Kecil dan Menengah milik Mango Moms ini bernama Dried Mango Moms dan Kerupuk Udang Stik "Udang Galak".

Produk Mango Moms ini telah berhasil lolos kurasi produk-produk UMKM, sehingga memiliki kesempatan untuk dapat merambah pasar modern, bahkan layak untuk diekspor.

2. Pindang Gombyang 

Pindang gombyang merupakan masakan khas Indramayu yang terbuat dari olahan kepala ikan manyung yang dimasak menggunakan sayur kuning beserta dengan penyedap rasa lainnya termasuk penambah rasa pedas. 

Pindang gombyang ini banyak diminati oleh bukan saja warga Indramayu tetapi juga oleh warga dari daerah lain.

3. Keripik Tike

Keripik Tike juga merupakan salah satu hasil UMKM andalan Indramayu. Keripik Tike ini diproduksi di daerah Kecamatan Losarang. Produk olahan keripik Tike ini telah banyak menyerap warga sekitar sebagai tenaga kerja dalam pengolahan biji menjadi keripik. Biasa pekerjanya adalah ibu-ibuwarga  sekitar.

Keripik Tike sendiri terbuat dari biji tumbuhan ilalang yang tumbuh di perairan atau di lahan persawahan yang sudah tidak digunakan. Biasanya tumbuhan ilalang ini tumbuh dengan sendirinya tanpa dibudidayakan.

4. Rumbah Darinih 

Rumbah darinih ini sudah puluhan tahun berdiri dan pelangganannya dari berbagai daerah di luar Indramayu. Rasa pedas rumbah ini sangat menggugah selera penikmatnya. Rumbah darinih disajikan dengan olahan kangkung, tauge, irisan timun dan tambahan gorengan bakwan atau kerupuk.

Penambah citra rasa yang berbeda dari rumbah darinih ini yaitu pada sambel dibubuhi dengan petis yakni penyedap rasa dari olahan ikan atau sebagai bahan terasi 

5. Kerupuk Udang

Olahan kerupuk ini terdapat di daerah Indramayu tepatnya di desa Kenanga. Di desa tersebut berdiri beberapa pabrik kerupuk UMKM dan telah memproduksi banyak merk kerupuk diantaranya kerupuk udang cap dua gajah dan padi kapas.

Selain pengolahan kerupuk udang ada juga kerupuk olahan dari jengkol atau disebut kerupuk jengkol, olahan kerupuk kulit ikan dan juga kerupuk Yeye.

6. Terasi 

Terasi terbuat dari udang atau ikan yang dihaluskan dengan cara ditumbuk dan di campur dengan nasi. iasanya terasi ini diolah dan dipasarkan di warung. Sekarang sudah dipasarkan di minimarket ataupun supermarket.

Terasi produk UMKM dari Indramayu berada di daerah pesisir utara. Daerah pantura penghasil produksi terasi yaitu di daerah Cemara Kecamatan Losarang.

Sebagai pelengkap makan, sambal terasi yang diolah warga sekitar atau warga Indramayu ini menjadi andalan dan semakin berkembang. Selain dikonsumsi oleh warga sekitar, produk terasi ini telah diekspor ke luar negeri.

Penutup

Dalam upaya meningkatkan hasil UMKM, Pemerintah Indramayu membuat program Bakulan, yaitu program Bulan Beli Produk UMKM Unggulan. Dengan begitu diharapkan sejumlah produk UMKM asal Indramayu yang mulai dikenal dan semakin berkembang pesat.

Selain mengadakan beberapa pelatihan bagi pelaku UMKM, pemerintah Indramayu juga bekerjasama dengan pihak swasta tentang literasi keuangan dan sosialisasi ecommerce bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

Itulah beberapa contoh UMKM di desa yang menjadi andalan Indramayu yang saat ini makin dikenal dan telah menyerap tenaga kerja dari warga sekitarnya.

bm

Media Informasi Guru Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Selamat datang di Guru Dikdasmen
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!