Anthony Sinisuka Ginting, Sang Penggawa Bulu Tangkis Andalan Indonesia

Dunia olahraga khususnya bulu tangkis saat ini sedang ramai dengan kehadiran pebulu tangkis asal Indonesia, yakni Anthony Sinisuka Ginting. Pria yang akrab dipanggil Oni ini merupakan anak keempat dari lima bersaudara pasangan Edison Ginting dan Lucia Sriati.

Anthony Sinisuka Ginting, Sang Penggawa Bulu Tangkis Andalan Indonesia

Kecintaanya pada olahraga bulu tangkis telah nampak sejak usia belia. Sejak duduk di bangku taman kanak-kanak, Oni telah diperkenalkan bulu tangkis oleh ayahnya dan bergabung dengan klub PB SGS PLN di Bandung Jawa Barat.

Anthony Sinisuka Ginting Penggawa Bulu Tangkis Indonesia

Bakatnya dalam olahraga bulu tangkis telah ditunjukan semenjak sekolah dasar. Ia telah menjuarai ajang MILO School Competition 2008 disektor tunggal putra. Di tahun 2012, Anthony pun kembali menjuarai event yang sama.

Pada tahun 2013, pria kelahiran Cimahi Jawa Barat ini mengikuti kejuaraan tingkat senior, baik perorangan maupun beregu mulai dari Indonesia Open Grand Prix Gold sampai Maldives Internasional Challenge.

Di cabang beregu, Anthony tercatat telah mengikuti beberapa kejuaraan internasional seperti SEA Games 2019 pada nomor beregu dengan meraih medali emas. Bahkan pebulu tangkis yang mengidolakan Taufik Hidayat ini menduduki peringkat dua BWF (Badminton World Federation).

Atas prestasinya, Oni telah masuk pada deretan pebulu tangkis terbaik dunia. Bahkan menurut Hans Kristian Vittinghus, Anthony Sinisuka Ginting merupakan pebulu tangkis terbaik pertama dari 5 pebulu tangkis top dunia.

Dari beberapa prestasi kejuaraan yang telah diraih, pantas saja jika Anthony Sinisuka Ginting di sebut sebagai penggawa bulu tangkis andalan Indonesia.

Kecepatan Permainan Jadi Kelebihan Anthony

Salah satu kelebihan yang dimiliki Anthony Ginting adalah kecepatannya dalam permainan. Hal tersebut menjadi perhatian Chen Long, pebulutangkis China juara dunia 2015. Anthony pernah mengalahkan Chen Long pada kejuaraan Australian Open Superseries pada babak perempat final.

Menurut pemain bulu tangkis asal Denmark peraih Piala Thomas pada 2016, Anthony merupakan tunggal putra andalan Indonesia terbaik dalam hal kecepatan. 

Kejuaraan yang Pernah Diraih

Banyak kejuaraan yang telah diraih oleh pria kelahiran 1996 ini baik perorangan maupun beregu. Di nomor perorangan pada Singapura Open 2023, Dubai Open 2023 dan di nomor beregu, Aarhus beregu 2020 dan Manila 2020.

Berkat keuletannya dalam berlatih serta menimba pengalaman dalam kejuaraan yang terus bertambah juga banyak mengikuti kejuaraan bergengsi, mulai dari Indonesia Open, Korea Open, Japan Open, Australia Open, All England hingga Thomas Cup, Oni menjadi juara pada ajang Piala Thomas 2016.

Pada ajang kejuaraan dunia bulu tangkis di Glasgow tahun 2017, Anthony menjadi salah satu dari tiga pemain yang mewakili Indonesia. Sayangnya pada ajang perdananya tersebut, ia terhenti pada babak ketiga kejuaraan dunia bulu tangkis 2017.

Di ajang Korea Terbuka 2017, Anthony telah menebus prestasi kelamnya. Ia menjuarai setelah mengalahkan Jonatan Christie dalam pertarungan rubber game, 13-21, 21-19 dan 20-22 di babak final. Ia pun mempersiapkan kembali untuk kejuaraan internasional lainnya.

Prestasi yang Diraih Anthony Sinisuka Ginting

Berikut deret Prestasi kejuaraan yang telah di raih oleh Anthony
  • Juara MILO School Competition, Tunggal Putera tahun 2008
  • Juara MILO School Competition, Tunggal Putera tahun 2012
  • Semifinalis Kejurnas, tahun 2012
  • Juara Sirnas Surabaya, tahun 2012
  • Juara Sirnas Bandung, tahun 2012
  • Semifinalis World Junior Badminton Championship tahun 2014
  • Raih Medali Perunggu di Youth Olympic Games tahun 2014
  • Juara Korea Terbuka, tahun 2017

Selain kejuaraan yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi kejuaraan lain yang telah ia ikuti dan menangkan. Selama perjalanan karirnya, ia memiliki rekor pertandingan sebanyak 264 kemenangan dan 145 kekalahan. Kehadiran Anthony Sinisuka Ginting telah mengembalikan kejayaan bulu tangkis Indonesia.
Baca juga:
Kabar bahagia pun tak henti-hentinya datang dari pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang mempunyai peringkat dua dunia ini. Ia telah melangsungkan pertunangan dengan Mitzi Abigail pada Jumat, 3 Februari 2024.

Penutup

Itulah sekelumit tentang Anthony Sinisuka Ginting, sang penggawa bulu tangkis andalan Indonesia saat ini serta beberapa kejuaraan yang telah diraihnya. Untuk mengetahui tentang Anthony Sinisuka Ginting secara lengkap atau ingin mengetahui banyak tentang para pemain olahraga yang lain, dapat mengunjungi website beranda.co.id.

Beranda.co.id sendiri merupakan salah satu situs berita yang menyuguhkan segala informasi tentang bisnis, olahraga, kesehatan dan informasi lainnya. Portal berita online ini menyajikan informasi terbaru yang lebih akurat dan terpercaya bagi pembacanya.

bm

Media Informasi Guru Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Selamat datang di Guru Dikdasmen
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!