Thursday, August 13, 2020

Maksud Dari Serangan Stroke yang Perlu Diwaspadai

Stroke merupakan salah satu penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Stroke ini menjadi penyebab kecacatan utama yang diderita pada orang dewasa. Maksud dari serangan stroke ini terjadi karena gangguan fungsi saraf yang diakibatkan oleh kerusakan pembuluh darah otak.

serangan stroke terjadi karena gangguan fungsi saraf yang diakibatkan oleh kerusakan pembuluh darah otak

Pada umumnya penyebab stroke dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol, alkohol, pola makan yang tidak teratur, stres, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Dalam menangani serangan stroke, kendala yang sering terjadi yaitu waktu penanganannya. Keberhasilan pengobatan stroke ini bergantung pada seberapa cepat tindakan medis dan pemberian obat pada pasien. Selain itu, keterbatasan fasilitas kesehatan yang efektif untuk menangani serangan stroke masih menjadi kendala.

Gejala dan Penanganan Awal Serangan Stroke

Pada umumnya stroke dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Stroke Iskemik dan Hemoragik. Stroke Isemik ini terjadi karena terdapat sumbatan pembuluh darah otak, sedangkan dan stroke Hemoragik terjadi akibat pecah pembuluh darah otak. Dari kedua jenis ini, Stroke Iskemik merupakan jenis stroke yang sering terjadi hingga 80%.
Baca juga:
Karena stroke bisa menyerang dengan sangat cepat bahkan dalam hitungan menit. Cara paling cepat dan mudah yang dapat lakukan untuk mengetahui gejala stroke dan penanganan awal yaitu dengan menggunakan metode FAST.

Face (Wajah)

Untuk mengetahui secara dini jika seseorang sudah terindikasi serangan stroke, kita dapat mengenalinya melalui wajah. Orang yang terkena gejala stroke, apabila diminta untuk tersenyum maka senyumnya tidak seperti orang normal pada umumnya. Wajah orang terkena stroke akan terlihat miring atau mencong jika diminta untuk tersenyum.

Arm (Tangan)

Langkah berikutnya untuk mengenali jika seseorang terindikasi stroke yaitu tidak dapat mengangkat tangan dengan sempurna. Penderita stroke akan merasa kepayahan untuk mengangkat lengannya keatas.

Speech (Berbicara)

Ajaklah penderita penyakit stroke berbicara seperti biasa. Jika kalimat yang diucapkannya terdengar cadel/pelo tidak seperti biasanya, maka dapat dipastikan ia benar-benar terkena serangan stroke.

Time (Waktu)

Jika dari ketiga gejala tersebut sudah nampak, maka segeralah untuk membawa pasien ke rumah sakit untuk memperoleh penanganan dengan cepat. Seseorang yang mengalami serangan stroke harus segera diberi pertolongan medis di rumah sakit. Hal ini perlu dilakukan agar mencegah kerusakan otak berlanjut dan meningkatkan peluang untuk pulih pada penderita.

Anggapan selama ini yang beredar di masyarakat jika penyakit stroke tidak dapat disembuhkan. Sebenarnya penderita stroke dapat disembuhkan jika tidak terlambat untuk ditangani oleh dokter pada saat terjadi serangan stroke.

Terapi Pengobatan Untuk Pasien Stroke

Untuk menjaga kondisi penderita stroke agar tetap baik serta membantu mencegah semakin parah, dapat dilakukan melalui pengobatan terapi stroke. Jika tidak dilakukan terapi stroke secara berkelanjutan, maka dapat mengakibatkan kerusakan otak, bahkan dapat menyebar dan menjadi masalah jangka panjang.

Selain dengan rutin melakukan terapi stroke oleh dokter, untuk memperbaiki kondisi badan, maka penderita juga dapat melakukan olahraga ringan yang dapat dilakukan sendiri dirumah.

Jika ditangani dengan cepat dan diberikan perawatan yang tepat, peluang untuk sembuh dari stroke hemoragik tetap ada. Untuk itu, jangan lupa rutin konsultasi dan selalu ikuti anjuran medis dari dokter.

Lamanya waktu penyembuhan tergantung pada tingkat keparahan stroke dan jumlah kerusakan jaringan yang terjadi. Berbagai jenis terapi bisa menjadi solusi penyembuhan, tetapi tergantung pada kondisi dan kebutuhan pasien.

Tujuan utama terapi adalah untuk mengembalikan fungsi jaringan dan saraf sebanyak mungkin. Beberapa terapi yang dapat dilakukan yaitu, terapi fisik, terapi okupasi, atau terapi wicara. Selain terapi, berikut dua cara penyembuhan stroke hemoragik.

Penutup

Pada artikel kali ini, admin ingin mengingatkan betapa pentingnya kesehatan untuk tubuh kita. Dan maksud dari serangan stroke yang perlu diwaspadai ini agar kita lebih berhati-hati serta dapat mengatur polah hidup kita agar lebih baik.

bm

Media informasi berbasis online bagi guru pendidikan dasar dan menengah, yang menyajikan informasi seputar dunia pendidikan di Indonesia.

Post a Comment

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Welcome to Guru Dikdasmen blog