Sunday, September 13, 2020

Solusi Input Nomor Ponsel Siswa di Website Verval Ponsel

gurudikdasmen.com - Seperti banyak yang dikeluhkan oleh operator sekolah terkait permasalahan input nomor ponsel peserta didik di webite verval ponsel yang tidak dapat diakses. Hal tersebut karena terlalu banyaknya pengguna yang mengakses masuk serta banyaknya pengiriman data dari dapodik (proses sinkronisasi) secara bersamaan sehingga beban kerja server terlalu berat.

Solusi mengatasi masalah input nomor ponsel siswa dan guru di website verval ponsel

Oleh karena itu tim pengembang website verval ponsel telah berupaya penuh untuk senantiasa melakukan perbaikan agar server verval ponsel dapat diakses dengan normal.

Berdasarkan hasil rapat Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) pada tanggal 12 September 2020, maka untuk dapat melakukan perbaikan data ponsel siswa dan guru setelah tanggal cut off tahap satu, pada tanggal 15 September hanya dapat dilakukan melalui laman https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id.

Permasalahan Input Ponsel Siswa dan Guru

Ada beberapa permasalahan yang ditemukan pada saat input ponsel siswa dan guru di website verval ponsel, dan mungkin dibawah ini dapat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Permasalahan SPTJM

Untuk peng-inputan nomor ponsel peserta didik, sekolah atau operator sekolah didampingi oleh kepala sekolah yang berwenang melakukan verval ponsel siswa dapat melakukan pencetakan SPTJM (Surat Pertanggung Jawaban Mutlak) beberapa kali.

SPTJM adalah surat pernyataan yang diterbitkan oleh Kepala Sekolah, yang isinya memuat jaminan atau pernyataan jika seluruh data nomor HP peserta didik pada satuan pendidikan yang dipimpinnya telah dilakukan verifikasi dan validasi kebenarannya.
Baca juga:
Untuk pencetakan SPTJM, operator sekolah diharapkan jangan menunggu data valid semua, segera lakukan pencetakan SPTJM secara bertahap agar tidak terjadi menumpuk data yang berakibat akan menambah beban kerja server dan provider untuk melakukan kroscek data.

Jika menu SPTJM belum aktif, hal tersebut terjadi karena belum ada data balikan yang telah dikroscek oleh Provider.
CATATAN PENTING: 
"Jika telah melakukan pencetakan SPTJM, maka nomor ponsel peserta didik dan guru tidak dapat lagi dilakukan perbaikan atau perubahan".

2. Nomor Ponsel Siswa Tidak Aktif

Jika ditemukan munculnya keterangan nomor ponsel peserta didik tidak aktif, padahal sebenarnya nomor tersebut aktif, maka pastikan nomor HP siswa tidak berada pada masa tenggang atau pertanggal 15 September tidak memasuki masa tenggang.

3. Data Siswa Tidak Ditemukan

Masalah lain yang dijumpai, seperti data siswa tidak ditemukan di website verval ponsel, maka solusinya adalah pastikan data siswa yang bersangkutan unik, artinya (memiliki NISN yang tidak ganda dengan siswa lain serta tidak berada pada residu verval PD).
Baca juga:
Untuk mengatasi hal tersebut, operator sekolah agar segera lakukan perbaikan data siswa pada laman https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id. Jika telah selesai melakukan perbaikan data, maka secara real-time data hasil perbaikan akan masuk ke verval ponsel.

4. Nomor HP Telah Terverifikasi Semua

Jika terdapat nomor HP peserta didik sudah terverifikasi semua, padahal operator sekolah belum melakukan proses verifikasi dan validasi nomor ponsel, hal itu terjadi karena awalnya pusdatin mengirim data pada provider, dan provider langsung memvalidasi data tersebut aktif dan valid.

Jika ditemukan data seperti itu, maka logika aplikasi akan di optimalisasi kembali oleh tim pengembang website verval ponsel, sehingga operator sekolah dapat melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel peserta didik kembali.

Pentingnya Verval Ponsel Peserta Didik

Tujuan pentingnya melakukan verval ponsel siswa karena Pusdatin selaku wali data yang berwenang mengalirkan data ke pihak luar yang berkepentingan, seperti Kemensos (bantuan PIP), Kemendagri (validasi NIK), KPK, dan Provider (perusahaan penyedia layanan telekomunikasi), maka perlu dilakukan verifikasi dan validasi kebenaran data.

Program pemberian kuota secara gratis kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen ini fokusnya adalah untuk membantu melancarkan kegiatan Pembelajaran Daring (PJJ), yang melibatkan guru dan siswa agar pemberian kuota internet dapat tepat sasaran pada penerima manfaat.

Penutup

Jika terdapat permasalahan data dari dapodik belum ada yang masuk ke verval ponsel, maka dapat menghubungi kontak tim dari Pusdatin dengan menyertakan nomor NPSN (cek kontak Helpdesk pada akun: sdm.data.kemdikbud.go.id). Itulah solusi input nomor ponsel peserta didik dan guru yang dapat dilakukan pada website verval ponsel.

bm

Media informasi berbasis online bagi guru pendidikan dasar dan menengah, yang menyajikan informasi seputar dunia pendidikan di Indonesia.

1 Comments:

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. di tempat kami, awal akhir agustus banyak guru yang sudah muncul di verval Ponsel, tetapi setalahnya hanya sebagian guru yang muncul di verval ponsel. mohon solusi.

    ReplyDelete
avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Welcome to Guru Dikdasmen blog