09 September 2020

Tips Memilih Kursus Web Programming Terbaik

DAFTAR ISI [Tampil]
gurudikdasmen.com - Programmer merupakan salah satu posisi yang banyak dicari dalam banyak industri. Tidak hanya IT, berbagai industri lainnya beramai-ramai melakukan digitalisasi agar tidak ketinggalan jaman. Oleh karenanya berbagai penyedia kursus koding web programming bermunculan untuk mendukung kebutuhan di lapangan, termasuk Codeva Academy.

Berikut ini tips memilih lembaga kursus web programming terbaik yang dapat anda ikuti sebagai panduan.

Tips Memilih Kursus Web Programming

Sebelum memilih tempat belajar programming, alangkah baiknya mencari tempat kursus web programming yang telah dipercaya oleh masyarakat dan dunia industri. Berikut ini ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum memutuskan untuk bergabung dengan lembaga kursus, khususnya kursus web programming.

1. Kredibilitas Penyelenggara Kursus

Hal pertama dan paling utama yang harus diperhatikan dalam memilih kursus programming untuk web adalah kredibilitas penyelenggaranya. Lama berdirinya sebuah tempat kursus tidak bisa dijadikan patokan untuk menilai tempat tersebut. Yang terpenting adalah kredibilitas dan alumni yang mereka hasilkan. Bukan hanya banyaknya alumni, tapi kualitas yang dihasilkan serta tempat dimana mereka bekerja.

Selain itu, kursus yang menjanjikan atau profesional pastinya memiliki banyak ulasan bagus dari para siswa dan alumninya. Mereka tidak akan segan-segan untuk merekomendasikan tempat kursus yang mereka ikuti agar banyak orang yang ikut bergabung dengan kursus tersebut.

2. Kemudahan Akses Kursus

Saat ini banyak penyedia kursus programming melalui online atau bisa kita sebut daring (dalam jaringan). Hal itu bukanlah merupakan hal baru, karena hal itu sudah banyak dinikmati oleh orang banyak. Ada dua alasan banyak orang mengikuti kursus programming online, diantaranya karena:
  • Lebih mudah dan bisa diakses kapan saja. 
  • Peserta bisa menentukan sendiri kecepatan belajar mereka.
Namun sayangnya belum semua kursus secara online menyediakan platform yang nyaman digunakan. Ada saja berbagai hal yang membuat peserta tidak nyaman, yang akhirnya peserta kecewa dan tidak maksimal dalam mengikut kursus. Hal ini tentunya juga berpengaruh bagi penyedia kursus kedepannya.

3. Pelayanan Yang Baik Dengan Respon Cepat

Apa yang pertama kali kamu lakukan bila ada kendala saat belajar di kursus tersebut? Biasanya Anda akan menghubungi customer service atau layanan bantuan dari tempat kursus tersebut. Respon yang cepat dan solusi tepat merupakan nilai plus tersendiri bagi kita. Selain memuaskan, kita tidak khawatir apabila terjadi hal-hal yang tidak sewajarnya karena akan ditanggapi dengan baik oleh pihak penyelenggara kursus.

Bayangkan apabila kamu memiliki kesulitan sedangkan layanan bantuan sulit dihubungi. Padahal Anda sedang semangat belajar serta memiliki waktu luang untuk menyelesaikan beberapa sesi. Pastinya mengesalkan bukan? Jadi pastikan kursus yang Anda pilih memiliki pelayanan yang baik ya!

4. Kurikulum Pembelajaran Yang Up To Date

Dunia coding dan programming berkembang dengan sangat cepat. Sehingga kurikulum pembelajaran dari sebuah kursus web programming harus dirancang agar dapat mengikuti perubahan tersebut dan peserta memiliki ilmu sesuai dengan kebutuhan dunia nyata. Jangan sampai Anda mendapatkan materi yang tidak up to date saat Anda sudah membayar mahal ya.
Baca juga:
Bila perlu, cari tahu terlebih dahulu kurikulum yang ditawarkan dan lakukan riset sederhana untuk memastikan seluruh materi dan kurikulum dibuat sesuai dengan kebutuhan dan tentunya up-to-date, seperti Codeva Academy.

5. Mentor Yang Berpengalaman

Beberapa tempat kursus menyediakan mentor yang sudah terjun di dunia kerja secara langsung. Sehingga materi dan pengalaman yang dibagikan sudah pasti lebih sesuai dengan kebutuhan lapangan. Hasilnya, pembelajaran menjadi lebih efektif dan fokus pada hal-hal yang benar-benar dibutuhkan. Tidak bertele-tele dengan teori yang membosankan dengan gaya mengajar yang kaku.

Biasanya mentor yang berpengalaman juga akan mengajarkan lebih banyak praktek langsung yang disesuaikan dengan kurikulum yang dimiliki para lembaga kursus.

Tetapi, hal paling berharga yang Anda dapatkan dari para mentor/tutor yang berpengalaman adalah kisah mereka selama terjun langsung menjadi seorang web Programmer untuk sebuah perusahaan pada industri tertentu. Kita tahu bahwa setiap industri memiliki kebutuhan dan kesulitannya masing-masing.

6. Rekomendasi Kursus Programming

Codeva Academy merupakan salah satu penyedia kursus web programming yang bisa Anda ikuti. Codeva Academy memiliki kurikulum yang dibuat secara khusus untuk menghasilkan alumni yang siap praktik dan bekerja. Hal ini dikarenakan seluruh materi diajarkan secara efektif, efisien, dan terstruktur.
Baca juga:
Selain itu, para mentor bukan hanya sekedar pengajar, melainkan orang-orang yang memiliki kecintaan dengan dunia programming. Tak ayal, para peserta dan alumni selalu dibuat terkesan dan nyaman saat belajar bersama Codeva.

Penutup

Itulah cara memilih lembaga kursus web programming terbaik yang dapat Anda ikuti. Dari beberapa tips yang disampaikan di atas, Codeva Akademy juga memiliki kelebihan lain yang cocok menjadi sekolah coding pilihan bagi siapa saja yang tertarik untuk mempelajari coding secara mendalam melalui kursus online.

bm

Media informasi berbasis online bagi guru pendidikan dasar dan menengah, yang menyajikan informasi seputar dunia pendidikan di Indonesia.

7 Comments

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

  1. Perkembangan dunia coding memang sangat pesat ya, Dewi sempat ingin belajar sih cuma bingung mau memulai dari mana. Alhamdulillah ada tips menarik ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, jangan sampai kita salah pilih lembaga kursus, khususnya kursus web programmer. Sayang waktu, tenaga dan fikiran kalo kita asal pilih. Belum lagi biaya yg dikeluarkannya. Pilihlah lembaga kursus yg memang bener2 mempunyai kualitas terbaik..

      Hapus
  2. Aku baru mikir buat nyari kursus online buat anakku. Bukan programming sih, tapi yang animasi gitu. Apa mesti bisa programming dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kalo animasi gak mesti bisa programming deh mbak. Cukup menguasai aplikasi edit foto atau video aja

      Hapus
  3. Wah, Codeva Academy ini punya banyak banget kelebihan yaa sebagai kursus untuk jago Coding! Bisa dijadikan salah satu referensi nih buat yang mau belajar ngoding.

    BalasHapus
  4. kursus web programing ini emang mencari tempat kursus yang bagus dan mentor yang menyenangkan, secara ilmunya kudu bener dipahami jadi harus enak saat disampaikan

    BalasHapus
  5. Terima kasih kiatnya, Mas
    Web programing memang harus dapat tempat kurus yang bagus dan mentor yang komunikatif. DUlu aku pernah belajar, gagal.

    BalasHapus
avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Welcome to Guru Dikdasmen blog