11 Maret 2021

Pengertian Ketombe, Penyebab dan Cara Mengatasinya

DAFTAR ISI [Tampil]
gurudikdasmen.com - Pasti sering kali kita merasakan gatal-gatal di kulit kepala. Penyebab gatal-gatal tersebut selain karena keadaan rambut yang kotor, juga banyaknya ketombe yang menempel pada kulit kepala. Dandruff atau yang lebih dikenal dengan istilah ketombe adalah serpihan kulit kepala yang berwarna putih keabu-abuan yang terlihat di kepala.

Pengertian Ketombe, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pengertian Ketombe, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketombe yang memiliki nama ilmiah Pityriasis Capitis ini terjadi karena adanya pengelupasan kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala. Daya tahan kulit kepala sangat mempengaruhi kondisi ini karena daya tahan dan sensitivitas pada setiap orang berbeda-beda. Setiap kulit kepala menghasilkan minyak dan jamur pada permukaan kulit kepalanya namun tidak semuanya dapat memicu ketombe.

Sel kulit mati ini terjadi secara alami jika dalam jumlah yang sedikit, namun jika terjadi secara terus menerus dan secara berlebihan hingga merasakan gatal yang sangat maka merupakan gejala Seborrhoeic Dermatitis, Psoriasis, Infeksi Jamur.
Baca juga:
Jika mengalami hal demikian, jangan digaruk secara terus menerus. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan kulit kepala hingga dapat mengakibatkan kerontokan rambut, resiko infeksi terutama berasal dari bakteri Staphylococcus Aureus dan Streptococcus. Meski sindap ini tidak menular pada orang lain, namun memiliki ketombe di kepala ini dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Penyebab Ketombe

Kondisi kulit kepala berketombe ini terjadi karena adanya peningkatan produksi minyak, sekresi, dan jumlah jamur pada kulit kepala. Keberadaan jamur pada kulit kepala inilah yang paling umum sebagai penyebab timbulnya ketombe

Kulit kepala yang mengelupas dan terlihat serpihan kulit mati berwarna putih dan menimbulkan rasa gatal. Umumnya untuk mengobati kelemumur ini dapat disembuhkan dengan shampo yang khusus untuk mengobati ketombe atau melalui pengobatan secara rutin pada dokter spesialis kulit.

Cara Menghilangkan Ketombe

Untuk menghilangkan ketombe yang mengganggu, sebenarnya dapat dilakukan sendiri di rumah dengan mudah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati ketombe, diantaranya menggunakan shampo anti ketombe, menggunakan cream steroid, merubah teknik pada saat keramas serta pengobatan secara alami.

Tujuan dari penggunaan shampo anti ketombe ini agar serpihan serta kerak yang menempel pada kulit kepala dapat hilang dan tidak menebal. Namun untuk penggunaan shampo ini harus memilih shampo yang mengandung bahan-bahan aktif, seperti:
  1. Pyrithione Zinc, bahan aktif Pyrithione Zinc ini mengandung senyawa antibakteri dan antijamur.
  2. Tar Batu Bara, fungsinya adalah untuk mengurangi jumlah penumpukan sel kulit mati pada kulit kepala.
  3. Asam Salisilat, bahan aktif ini sangat bermanfaat untuk membantu menghilangkan sisik kulit yang berketombe.
  4. Selenium Sulfide, bermanfaat untuk memperlambat penumpukan sel kulit mati.
  5. Ketoconazole, biasanya bahan aktif ini digunakan pada shampo antiketombe dengan resep dokter.
Penggunaan shampo antidandruff yang memiliki bahan-bahan aktif juga harus pula dibantu dengan teknik keramas yang benar. Untuk mengobati ketombe, setiap orang memiliki teknik keramas yang berbeda. Ada orang yang hanya perlu keramas dua kali dalam seminggu, bahkan ada pula yang harus setiap hari berkeramas. Itu semua tergantung pada jenis rambut yang dimilikinya.
Baca juga:
Pada saat keramas, jangan gunakan kuku untuk menggaruk kulit kepala, sebaiknya gunakan area jari bagian dalam agar tidak memperburuk kondisi rambut yang berketombe serta untuk menghindari terjadinya luka pada kulit kepala.

Penutup

Selain penggunakan shampo anti ketombe, cream steroid, merubah teknik pada saat keramas. Pengobatan secara alami pun dapat dilakukan dengan mudah oleh sendiri di rumah, dintaranya dengan cara pemanfaatan bahan alami seperti minyak kelapa, daun lidah buaya. Disamping itu atur pula pola makan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin B dan Zink, Probiotik serta Asam Lemak Omega 3.

Pemakaian produk penata rambut pun harus dikurangi, terutama bagi kaum wanita. Penggunaan gel, hairspray, hair dryer serta alat catok untuk meluruskan rambut juga dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala yang mengakibatkan ketombe serta kulit kepala kering.

bm

Media informasi berbasis online bagi guru pendidikan dasar dan menengah, yang menyajikan informasi seputar dunia pendidikan di Indonesia.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Welcome to Guru Dikdasmen blog