Pentingnya Tes Minat dan Bakat Anak Sejak Dini Agar Tidak Salah Pilih Jurusan

Salah dalam memilih jurusan sekolah atau kuliah bukan hal asing terdengar di telinga kita. Kerap kali kita mendengar banyak siswa bahkan mahasiswa mengeluhkan hal tersebut. Hal itu terjadi karena banyaknya program jurusan sekolah atau kuliah menjadi sesuatu yang membingungkan untuk dipilih.
Webinar sinotif tentang pentingnya tes minat dan bakat sejak dini

Kenali Minat dan Bakat Anak Sejak Dini

Sebenarnya semua jurusan pendidikan semuanya baik, namun belum tentu cocok dan sesuai dengan minat dan bakat calon siswa atau calon mahasiswa tersebut. Oleh karena itulah sebagai pelajar sebaiknya serius dalam memilih jurusan yang akan ditempuh nanti.

Biasanya jika anak salah dalam memilih jurusan apalagi tidak sesuai dengan minat dan bakatnya maka akan berdampak buruk pada pendidikannya. Anak akan malas sekolah, sulit memperoleh prestasi dalam belajar, serta sulit menguasai materi pelajaran. Tidak hanya itu, anak juga akan merasa tertekan karena merasa terlalu dipaksakan.

Oleh karena itu, agar tidak salah dalam memilih jurusan, orang tua juga memiliki peran penting untuk mendukung apa yang diinginkan oleh anaknya dalam menentukan jurusan sekolah yang akan ditempuhnya.

Webinar Sinotif Bertema "Jangan Salah Pilih Jurusan! Kenali Minat dan Bakat Sejak Dini"

Seperti yang saya peroleh saat mengikuti webinar via Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh Sinotif dengan tema "Jangan Salah Pilih Jurusan! Kenali Minat dan Bakat Sejak Dini" dengan menghadirkan Novitania sebagai pembicara nya.
jangan salah pilih jurusan, kenali minat dan bakat anak sejak dini

Beliau sendiri merupakan seorang praktisi yang berkecimpung di dunia pendidikan, yakni sebagai Dosen. Selain sebagai dosen, kesehariannya beliau juga memiliki kesibukan sebagai ibu rumah tangga, content creator, penulis di media blog dan konten media sosial lainnya.

Acara yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023 yang berlangsung secara daring tersebut dimulai pukul 10.00-11.00 WIB ini diakses secara gratis yang dipandu langsung oleh Kak Hafizh Noor. Acara tersebut juga dapat disaksikan melalui kanal YouTube Sinotif Official.


Pada kesempatan tersebut, menurut Kak Novi, penerapan kurikulum merdeka saat ini sebagai sebuah langkah kemajuan sistem pendidikan. Kurikulum merdeka menjadi hal yang luar biasa karena lebih mengedepankan minat dan bakat anak.

Anak diberikan kebebasan untuk memilih pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat anak. Dan peran orang tua sangat penting untuk mendukung pilihan jurusan anak. Namun begitu, sekolah juga harus maksimal dalam menerapkan kurikulum merdeka.

4 Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki oleh Anak

Kak Novi juga menambahkan, ada 4 basic skill atau kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa atau calon mahasiswa, yakni:

4 kemampuan dasar yang harus dimiliki anak

1. Kemampuan Literasi

Kemampuan literasi siswa atau calon mahasiswa dapat diterapkan ketika berkomunikasi dengan orang lain, termasuk didalamnya ada etika, salam sapa, perkenalan diri. Kemampuan literasi ini akan sangat membantu calon mahasiswa atau mahasiswa kedepannya.

2. Kemampuan Problem Solving

Kemampuan dalam problem solving ini sangat dibutuhkan oleh calon mahasiswa atau mahasiswa agar tidak salah pilih jurusan. Dengan memiliki kemampuan problem solving, calon mahasiswa dapat menentukan pilihan yang tepat dengan membuat matrik dalam menentukan dua pilihan yang sulit.

3. Kemampuan Digitalisasi

Dengan memiliki kemampuan digital, seorang siswa dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Selain itu siswa juga harus dapat menguasai dan dapat mengoperasikan tools-tools yang mendukung dalam proses belajar.

4. Kemampuan Public Speaking

Public speaking merupakan basic life skill yang harus dimiliki oleh siswa atau calon mahasiswa. Dengan memiliki kemampuan public speaking, seseorang akan menambah rasa percaya diri dan juga dapat menentukan kesuksesan seseorang dimasa depan.

Pentingnya Tes Minat dan Bakat Anak Sejak Dini

Pentingnya tes minat dan bakat pada anak sejak dini dapat memberikan stimulus yang sesuai sehingga orang tua dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh anak. Orang tua dapat menyusun rencana atau persiapan untuk mencapai tujuan dengan cara menyelaraskan gol.
Baca juga:
Namun begitu, setelah anak mengikuti tes kemampuan minat dan bakat serta telah mengetahui hasil dari tes minat dan bakat anak tersebut, orang tua dapat memberikan dukungan penuh pada anak untuk memilih jurusan yang lebih dikuasai dan disukai.

Penutup

Terkadang orang tua melihat potensi pada anak, namun sebaliknya anak hanya menganggap main-main  dan terpengaruh oleh temannya, maka orang tua harus melakukan komunikasi mendalam dan lakukan tes minat dan bakat untuk dapat menganalisa kemampuan bakat dan minat anak.

Dengan mengikuti tes minat dan bakat, anak dan orang tua dapat memperoleh petunjuk. Dan salah satu media yang dapat membantu anak mengetahui serta mengembangkan potensinya di bidang eksakta yakni Sinotif.

Tes minat dan bakat dari Sinotif bukan hanya alat pemetaan, tapi juga dapat memberi dukungan terbaik pada orang tua untuk memahami keinginan anak. Dengan mengikuti tes minat dan bakat di Sinotif, orang tua juga dapat memberikan stimulus yang sesuai dan bisa membimbing anak agar tidak salah mengambil keputusan dalam memilih jurusan.

bm

Media Informasi Guru Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Selamat datang di Guru Dikdasmen
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!