Saturday, March 9, 2019

Cara Instal Dapodik di Windows 7 Agar Tidak Error

gurudikdasmen.com - Sejak aplikasi Dapodik  pertama kali di rilis banyak masalah error yang terjadi pada saat diinstal, dan anda akan mendapati pesan jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yang berupa keterangan seperti dibawah ini : 
Program tidak dapat memulai karena api-ms-win-crt-runtime- / 1-1.0.dll hilang dari komputer Anda. coba instal ulang program untuk memperbaiki masalah ini

Cara Instal Dapodik di Windows 7 agar tidak terjadi error tanpa harus menginstal ulang sistem operasi ke versi 10.
Installer Aplikasi Dapodik
Namun biasanya error tersebut terjadi pada pengguna komputer yang menggunakan Windows 7 32 bit karena jika kita membaca panduan pada aplikasi dapodik ini terintegrasi dengan komputer yang memiliki spesifikasi minimum yaitu diantaranya adalah:
  1. Processor core i3 atau yang setara
  2. Sistem operasi pada komputer menggunakan Windows 10
  3. Memiliki memori standar 4 gb
  4. Hard drive yang terpasang 120 gb SSD/500 gb HDD, dan;
  5. Aplikasi terpasang menggunakan perambaan web (browser) Google Chrome, Mozila Firefox
Terjadinya error pada saat diinstal tersebut selain karena komputer yang digunakan masih menggunakan sistem operasi Windows 7 juga karena pada aplikasi dapodik  ini menggunakan php versi 7.1, sedangkan pada versi sebelumnya menggunakan php 5.6 sehingga pengguna yang masih menggunakan sistem operasi dibawah versi 10 pasti mengalami error.

Jika sahabat operator sekolah mengalami hal yang demikian, sebaiknya Anda jangan panik terlebih dulu karena Admin akan memberikan sedikit solusi Cara Instal Dapodik di Windows 7 agar tidak error tanpa harus menginstal ulang sistem operasi ke versi 10.

Cara Instal Dapodik di Windows 7 agar tidak Error

Berikut ini Admin akan membagikan cara instal dapodik  Windows 7 agar tidak terjadi error
Instal Dapodik v. 2019c di Windows 7
Error Install Aplikasi Dapodik
  1. Pertama-tama Uninstal terlebih dahulu semua aplikasi yang berhubungan dengan aplikasi dapodik
  2. Setelah selesai, langkah selanjutnya adalah download dan Instal Service Pack 1 Windows 7 pada link :  http://download.microsoft.com/download/0/A/F/0AFB5316-3062-494A-AB78-7FB0D4461357/windows6.1-KB976932-X86.exe
  3. Setelah selesai mendownload dan menginstal Service Pack 1 Windows 7 biarkan komputer bekerja hingga komputer melakukan restart dengan sendirinya.
  4. Langkah berikutnya yaitu hapus Aplikasi Microsoft Visual  C++ 2015 dengan cara Klik Menu Start -> Control Panel -> Uninstall a program -> Uninstall Microsoft Visual  C++ 2015.
  5. Selanjutnya download dan instal Microsoft Visual C++ di link : https://www.microsoft.com/en-us/download/confirmation.aspx?id=48145&6B49FDFB-8E5B-4B07-BC31-15695C5A2143=1
  6. Jika kelima langkah diatas sudah selesai dilalui, langkah selanjutnya yaitu download dan instal Update Windows 7 SP 1 pada link : https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=49077
  7. Langkah terakhir yaitu Instal Dapodik hingga selesai. Anda dapat mengunduhnya pada tautan berikut : Installer Aplikasi Dapodik
Baca juga :
Jika anda sudah berhasil menginstal, selanjutnya lakukan registrasi ulang pada aplikasi dapodik v. 2019c tersebut baik dengan cara offline maupun online. Namun admin sarankan sebaiknya lakukan registrasi ulang dengan cara offline dengan cara unduh terlebih dahulu prefill dapodik sekolah anda pada halaman https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id berdasarkan prefill dapodik sesuai dengan sekolah anda berada.

Demikianlah cara instal dapodik di Windows 7 agar tidak terjadi error pada saat penginstalannya. Semoga apa yang Admin bagikan ini dapat membantu sahabat Operator Sekolah jika mengalami kendala dalam hal tersebut.

bm

Media informasi berbasis online bagi guru pendidikan dasar dan menengah, yang menyajikan informasi seputar dunia pendidikan di Indonesia.

Post a Comment

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam disini...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Guru Dikdasmen Online
Welcome to Guru Dikdasmen blog